Psikotest yang ada di Internet

Assalamualaikum ^^ Rahmah dateng nih🙂🙂🙂🙂

Kali ini Rahma mau berbagi pemikiran.

Pendahuluan

Sudah tidak asing lagi bagi kita mendengar kata Psikotest. Walau masih ada yang belum tahu arti Psikotest sesungguhnya. Tapi kita sudah tahu apa itu kegunaan dari Psikotest dan kapan saja kita bisa mengerjakan soal Psikotes. Seperti tes masuk Perguruan Tinggi, tes masuk Pegawai Negeri Sipil, dll. Bahkan sekarang perusahaan dan pabrik menggunakan psikotes ini untuk mengukur kemampuan calon pegawainya.

Kita sering melihat Psikotes ini terdiri dati berlembar-lembar soal untuk pengujian langsung. Atau kita harus membeli buku Psikotest di Toko Buku sebagai latihan mengerjakan soal. Hal itu sudah lebih canggih lagi pada saat ini, Psikotest sudah melebarkan sayap ke dunia internet. Yang dapat diakses oleh siapa saja, kapan aja, dimana saja, dan murah. Jadi berterimakasihlah kepada orang yang mempublishkan applikasi Psikotest ini. Dengan begitu kita tidak perlu membeli buku tersebut.

Psikologi dalam Internet??? menurut kalian seperti apa sihh?? Oke langsung aja kita jelaskan teorinya terlebih dahulu

Teori

Pertama-tama kita perkenalan dulu yang namanya psikotes yaa.

Psikotes termasuk dalam Tes Psikologi yang merupakan alat atau intrumen yang dibukukan dan digunakan untuk mengukur kemampuan potensisal psikologi Subjek yang bersifat laten. Yang dimaksud bersiat laten adalah kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu atau untuk bertingkahlaku dengan cara tertentu, khususnya dengan cara yang mencakup bakat (talent), pembawaan, dan Intelegensi yang berperan menunjang kemampuan nyata (prestasi).

Namun penggolongan Tes Psikologi secara lebih rinci adalah sebagai berikut :
                        [1].  Intelligence Test ( Tes Kecerdasan )
                        [2].  Aptitude Test ( Tes Bakat )
                        [3].  Interest Test ( Tes Minat )
                        [4].  Achievment Test ( Tes Prestasi )
                        [5].  Personality Tes ( Tes Kepribadian )
Psikotest yang dibedakan melalui tes kepribadian:

Test Kepribadian Grafis yang merupakan test yang mencakup kepribadian seseorang dengan berdasarkan gambar yang dibuatnya, yang meliputi beberapa hal seperti:
a) Test Wartegg yang memiliki tujuan untuk meneliti karakter seseorang dari hal emosi, imajinasi, dinamisme, kontrol dan reality function.
b) Test DAP (Draw A Person) yang memiliki tujuan untuk menilai karakter dan kepribadian seseorang berdasarkan cara menganalisa gambar orang yang dibuat oleh peserta test tersebut.
c) Test Baum Tree dan Test HTP (House Tree Person) yang memiliki tujuan untuk menilai karakter dan kepribadian seseorang dengan menganalisa gambar pohon yang dibuat oleh peserta test tersebut.

Test Kepribadian Kuesioner merupakan test untuk menilai kepribadian seseorang berdasarkan jawaban yang dipilih dalam sejumlah pertanyaan yang telah diajukan, seperti meliputi beberapa hal dibawah ini:
a. Tes Efektifitas Diri yang bertujuan untuk menilai seberapa efektif seseorang dalam melakukan tugas dan menyelesaikan berbagai hal situasi yang sulit.
b. Tes EPPS yang bertujuan untuk menilai tipe motivasi seseorang dengan cara menyuguhkan sejumlah pertanyaan tertentu.
c. Tes MBTI yang bertujuan untuk menilai tipe kepribadian seseorang terhadap lingkungannya.
d. Tes MAPP yang bertujuan untuk menilai pilihan seseorang dalam berbagai hal yang berkaitan dengan pekerjaan dan dunia profesional.
e. Tes Koran Pauli yang bertujuan untuk menilai karakter seseorang pada beberapa aspek seperti aspek keuletan, aspek kemauan, aspek emosi dan aspek stabilitas diri dengan melakukan hitungan dari sederet angka.
f. Tes Ketelitian yang bertujuan untuk mengukur tingkat kecermatan dan ketelitian dalam mengolah data daari sederet angka, kata atau kombinasi antara keduanya.
g. Tes Kerjasama yang bertujuan untuk menilai kemampuan seseorang dalam hal bekerja dengan sebuah tim yang solid.
h. Tes Potensi Sukses yang bertujuan untuk menilai kecenderungan seseorang untuk menjadi seseorang yang sukses berdasarkan faktor tertentu dalam diri orang itu.

Analisa

psikotest yang terdapat dalam internet atau lebih seringnya kita menyebut sebagai Psikotest online.  Yang sering kita lihat jenis seperti tes-tes kepribadian yang tadi. Psikotes akan melihat bagaimana kepribadian kita. Seperti pekerjaan yang tepat untuk anda, Sifat asli diri anda. Contoh pertanyaan analisa pertanyaan seperti Apakah anda betul-betul bahagia, Apakah anda cermat, Dapatkah anda menangani orang lain, dll.

Psikotest online hasilnya akan sama seperti psikotest biasa. Hanya saja negatifnya dari psikotest online ini terlihat dari subjek yang mengerjakan. Jika kita mengerjakan psikotest online, bisa saja si subjek menjawab pertanyaan dengan asal tanpa memikirkannya terlebih dahulu.

Wahh selesai Terimakasih ^^

http://dewipraweni.blogspot.com/2013/10/psikotes-yang-ada-di-internet.html
http://amalinasr94.wordpress.com/2013/10/08/menganalisa-psikotest-yang-ada-di-internet/
Bernard, William., Leopold, Jules. 2000. Test Analisa IQ & Kepribadian anda. Bandung: Pionir Jaya.
Hartono., Rifa’i, A. 2004. Pemahaman Individu II Konsep dan aplikasi Tes Psikologi. Surabaya: Universitas Press UNIPA Surabaya.

2 thoughts on “Psikotest yang ada di Internet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s